Tuesday 25 December 2018

Legenda Lima Jendral Harimau TVB


Di era 1980-an, pertelevisian Hong Kong berada di puncak kejayaannya di mana banyak serial televisi produksi negara tersebut sukses besar. Serial yang kebanyakan diproduksi stasiun televisi TVB - Hong Kong tersebut tidak saja sukses secara domestik, tetapi juga merambah secara internasional, termasuk ke Indonesia.

Nah, di masa itu, ada 5 orang aktor TVB di masa itu yang menjadi "super-star" dan diidolakan banyak penonton. Kelima aktor tersebut adalah : Michael Miu (苗僑偉 - Miao Qiao Wei) , Kent Tong (汤镇业 - Tang Zhen Ye), Felix Wong (黃日華 - Wong Yat Wa / Huang Je Hua) , Andy Lau (刘德华 - Liu De Hua), dan Tony Leung (梁朝伟 - Liang Chao Wei).

Kelima artis tersebut merupakan lulusan dari Sekolah Akting Artiste Traning Academy - Hong Kong, di mana Kent Tong mulai sekolah tahun 1978, Michael Miu dan Felix Wong tahun 1979, Andy Lau tahun 1980, Tony Leung tahun 1981. Pasca lulus dari sekolah itu, kelima artis tersebut melamar dan mendapatkan pekerjaan di Jaringan Televisi TVB.

Ki-Ka : Andy Lau, Felix Wong, Michael Miu, Tony Leung, Kent Tong
Sama seperti kebanyakan artis pemula, kelima orang tersebut mengalami perjuangan yang tidak mudah. Mereka merangkak sebagai artis pendukung dan cameo, sebelum akhirnya mendapat kepercayaan untuk menjadi pemeran utama di serial televisi TVB.

Adalah Kent Tong menjadi yang pertama mendapat kesempatan bermain sebagai pemeran utama di serial televisi This Land is Mine (風雲, 1980) dan The Adventurer's (衝擊, 1981). Kedua serial bergenre drama-keluarga tersebut ternyata menjadi hit dan disukai banyak penonton.

Selanjutnya Felix Wong dan Michael Mui mendapat kesempatan bermain sebagai pemeran utama di serial The Lonely Hunter (過客, 1981). Serial ini langsung mengangkat nama kedua aktor tersebut dan menjadi salah satu serial paling populer di masa itu.

Andy Lau sendiri baru meraih kesuksesannya setelah mendapat kesempatan untuk menjadi pemeran utama di drama sitkom Hong Kong '81 (1981).

Dan terakhir Tony Leung baru mendapatkan kesempatan menjadi pemeran utama di tahun 1982 di serial televisi Soldier of Fortune (香城浪子). Di serial tersebut, Tony Leung beradu akting dengan dua orang sahabatnya : Felix Wong dan Kent Tong.

Meski sudah pernah menjadi pemeran utama dan serial televisi yang mereka perani meraih rating yang tinggi, namun tidak serta-merta membuat nama mereka langsung melambung cepat. Pada masa itu, TVB memiliki 2 orang aktor kawakan - Adam Cheng dan Chow Yun Fa - yang masih menjadi "Raja Serial Televisi Hong Kong". Jadi meski kesuksesan sudah diraih dan mulai memiliki fans-base, tetap saja kelima artis tersebut masih kalah pamor dengan kedua aktor tersebut.

Keberuntungan mulai mendekati kelima "aktor baru" TVB tersebut manakala Adam Cheng dan Chow Yun Fa memutuskan untuk hengkang dari TVB tahun 1983. Dengan kepergian kedua aktor tersebut, praktis TVB kehilangan artis dianggap mumpuni dan mampu mengangkat rating acara mereka. Kekuatiran TVB cukup beralasan. Selain harus bersaing dengan stasiun lokal, mereka pun sedang bersaing ketat dengan acara televisi Korea dan Jepang yang waktu itu mulai mendominasi acara televisi Hong Kong.

Guna mencari pengganti kedua aktor tersebut, TVB kemudian mengadakan acara All Star Challenge (1983) yang bertujuan mencari aktor dan artis baru Hong Kong yang diharapkan mampu diangkat sebagai artis papan atas untuk menggantikan posisi Adam Cheng dan Chow Yun Fat.
Wajah personel Lima Jendral Harimau TVB saat ini

Michael Miu, Kent Tong, Felix Wong, Andy Lau, dan Tony Leung tidak menyia-nyiakan kesempatan. Mereka berlima bekerja sama menjadi satu tim dan tampil di acara tersebut dengan menyanyi dan menari. Aksi mereka ternyata menarik perhatian media-massa, terutama produser TVB. Bahkan media kemudian memberikan julukan kepada mereka "Lima Jendral Harimau TVB" (無綫五虎將) karena kemampuan mereka tersebut. Sejak itulah, julukan "Lima Jendral Harimau TVB" melekat di kelima artis tersebut.

Pasca acara tersebut, karir kelima artis tersebut melesat cepat bak meteor. Hampir semua serial televisi yang mereka perani selalu meraih rating tinggi. Untuk mendongkrak rating sebuah serial televisi, beberapa dari mereka dipertemukan dalam satu serial televisi. Strategi ini terbukti ampuh mendongkrak rating.


Sepanjang karir mereka sejak terbentuk tahun 1983, Kelima "Jendral Harimau TVB" tersebut hanya 2 kali dipertemukan sekaligus, yaitu di film layar lebar The Tigers (1991) dan serial televisi The Yang's Saga (1985). Selebihnya, paling 2-4 orang saja yang dipertemukan dalam 1 serial televisi.

Berdasarkan usia, Michael Miu merupakan yang paling senior diantara kelimanya, sehingga dia sering dijuluki Si Harimau Besar (Big Tiger) / Kakak Tertua. Selanjutnya secara urutan : Kent Tong (Harimau Kedua), Felix Wong (Harimau Ketiga), Andy Lau (Harimau Keempat), dan Tony Leung (Harimau Kecil).

Sayang, usia Lima Jendral Harimau TVB tidak berlangsung lama. Pada tahun 1986, Lima Jenderal Harimau TVB terpaksa bubar karena berbagai hal :

Kent Tong mundur dari TVB tahun 1985 setelah munculnya skandal berkaitan dengan tindakan bunuh diri artis Barbara Yung, yang waktu itu merupakan kekasih Tong. Tong dituduh penyebab kematian Barbara Yung, meski pada akhirnya terbukti kalau Yung menderita depresi saat kejadian terjadi, dan tidak ada kaitannya dengan Tong. Namun desakan publik membuat Tong tidak ada pilihan, selain mundur dari TVB yang telah membesarkan namanya. Meski kini masih aktif di dunia keartisan, namun Kent Tong sudah mengurangi aktivitas tersebut dan berfokus di dunia bisnis.

Pada tahun 1989, Andy Lau memutuskan mundur dari TVB setelah Eksekutif TVB memaksanya menanda-tangani kontrak kerja selama 5 tahun, yang dianggap Lau menjadi penghambat karirnya. Karena Andy Lau tidak mau menanda-tangani kontrak tersebut, TVB akhirnya memasukkan Andy Lau dalam "daftar hitam" dan tidak memperbolehkan Andy Lau berpartisipasi di acara TVB manapun. Andy Lau akhirnya melanjutkan karir keartisannya di luar TVB, dan menjadi super-star seperti sekarang.

Di awal tahun 1990, Tony Leung mendapatkan banyak kesempatan bermain di film layar lebar. Meski sebelumnya telah sukses membintangi banyak serial televisi, namun bermain di film layar lebar seolah menjadi "candu" bagi Tony Leung. Terlebih setelah banyak film layar lebar yang diperaninya menjadi film box-office serta mendapatkan banyak penghargaan. Meski tidak secara eksplisit, namun sejak tahun 1990, Tony Leung resmi mundur dari TVB dan lebih fokus bermain di film layar lebar. Serial terakhir TVB yang diperani Tony Leung adalah Ode to Gallantry (1989).

Pada tahun 1989, Felix Wong memutuskan untuk mundur dari TVB dan pindah ke jaringan televisi lain, yaitu ATV (Asia Television Limited) - Hong Kong. Meski sempat kembali lagi ke TVB pada tahun 1993, namun Felix Wong kembali keluar dan pindah ke stasiun televisi Tiongkok. Saat ditanya alasannya keluar-masuk TVB, Felix menjelaskan kalau dia merasakan ketidak-puasan saat bekerja di TVB. Pada tahun 2009, Felix Wong kembali lagi bekerja di TVB setelah sahabatnya - Michael Miu - mengajaknya bekerja sama di serial televisi Gun Metal Grey.

Pada tahun 1986, Michael Miu memutuskan untuk keluar dari TVB untuk memulai karirnya sebagai pengusaha. Miu kemudian mendirikan sebuah perusahaan produksi kacamata. Michael Miu meraih reputasi yang sangat baik sebagai pengusaha kacamata di masa itu. Namun hasratnya untuk menjadi artis mengusiknya, sehingga pada tahun 2002, Miu memutuskan menjual bisnisnya ke perusahaan Australia dan kembali ke TVB. Michael Miu meraih kesuksesan sebagai artis TVB kembali pasca memerani serial televisi The Academy (2004). Sejak itu, Miu terus meraih kesuksesan dalam setiap serial televisi yang diperaninya hingga hari ini.


No comments:

Post a Comment