Sunday 13 May 2018

One Armed Swordman (1967)


Bagi penggemar film wuxia, One-Armed Swordman (獨臂刀 - Du Bi Dao) adalah film wuxia klasik yang wajib dikoleksi. Film ini merupakan film garapan Sutradara Chang Cheh dan merupakan film wuxia pertama yang menampilkan pertarungan sadis dan banjir darah.

Film ini menjadi film Hong Kong pertama yang berhasil meraih penghasilan di atas HKD 1 juta dan menjadikan Jimmy Wang (Wang Yu) - aktor kelahiran Taiwan - menjadi aktor papan atas Hong Kong.

One-Armed Swordsman mengisahkan tentang Perguruan Pedang Emas yang diserang oleh perampok. Pada saat itu, Pelayan Fang Cheng mengorbankan nyawanya untuk melindungi gurunya, Qi Ru Feng (Tien Feng). Atas pengorbanan pelayan setianya tersebut, Qi Ru Feng memutuskan untuk mengadopsi anak Fang Cheng yang bernama Fang Kang.

Saat dewasa, Fang Kang mendapatkan

perlakuan tidak pantas dari murid-murid Qi Ru Feng. Bahkan anak Qi Ru Feng yang bernama Qi Pei Er mem-bully Fang Kang sedemikian rupa, hingga Fang Kang memutuskan untuk kabur dari perguruan. Dalam pelariannya, dia justru dihadang oleh Qi Pei Er dan murid-murid perguruan. Setelah disiksa dan dipukuli, tangan kanan Fang Kang ditebas hingga putus oleh Qi Pei Er. Fang Kang yang kesakitan jatuh ke dalam jurang. Beruntung dia kemudian diselamatkan oleh seorang gadis desa bernama Xiao Man (Lisa Chiao Chiao)

Meski nyawanya tertolong, tapi Fang Kang frutrasi karena dirinya tidak dapat berlatih kungfu dengan hanya 1 tangan. Xiao Man kemudian memberikan buku kungfu dan pedang patah peninggalan orang tuanya kepada Fang Kang. Buku tersebut dia bagi setengah agar Fang Kang dapat berlatih dengan menggunakan satu tangan saja. Ternyata buku itu membuat Fang Kang menjadi digjaya dan hebat.

Sementara itu, saat Guru Qi Ru Feng mempersiapkan perayaan ulang tahunnya yang ke-55, perguruan mereka didatangi oleh Iblis Bertangan Panjang dan Cheng si Harimau Tersenyum. Mereka adalah musuh lama Qi Ru Feng. Saat datang, mereka langsung mengobrak-abrik pesta Qi Ru Feng dan membunuhnya.

Fang Kang yang mendengar kabar kematian gurunya, segera mencari Iblis Bertangan Panjang dan Cheng Si Harimau Tersenyum. Lewat pertarungan mati-matian, akhirnya Fang Kang berhasil membunuh kedua musuh gurunya tersebut. Pasca memenangkan pertarungan, murid-murid Qi Ru Feng meminta maaf pada Fang Kang dan meminta untuk menjadi Pemimpin Baru Perguruan Pedang Emas. Tapi Fang Kang menolak, dan memilih menjadi petani dan menikah dengan Xiao Man.



ABOUT "ONE-ARMED SWORDSMAN"
Seperti yang saya ulas di atas, film "One-Armed Swordsman" merupakan film wuxia yang sangat sukses di masanya. Atas kesuksesan film ini, One-Armed Swordsman kemudian dibuat sekuelnya : Return of the One-Armed Swordsman (1969) dan The New One-Armed Swordsman (1971). Ketiga film ini semuanya disutradarai Chang Cheh dan diperani Jimmy Wang Yu, dan kelak dikenal dengan sebutan One-Armed Swordsman Trilogy.

Film One-Armed Swordsman tidak saja populer di Hong Kong, tetapi juga sampai ke Jepang. Di masa itu, One-Armed Swordsman sempat dibanding-bandingkan dengan Zatoichi, karakter di film berjudul sama yang waktu itu sangat populer di Jepang. Banyak orang kemudian bertanya, siapa yang paling hebat diantara mereka berdua.

Karena itu, untuk "menjawab" rasa penasaran penonton maka pada tahun 1971 dibuatlah film berjudul Zatoichi and the One-Armed Swordsman (獨臂刀大戰盲俠 - Du Bi Dau Da Zhan Mang Xia). Film kolaborasi Jepang-Hong Kong ini disutradarai oleh Hsu Tseng Hung dan Kimiyoshi Yasuda. Pemeran film ini tetap dipercayakan pada Jimmy Wang Yu (sebagai Fang Kang) dan Shintaro Katsu (sebagai Zatoichi).

Film tersebut mengisahkan Fang Kang yang melakukan petualangan hingga ke Jepang, kemudian bertemu dengan Zatoichi. Keduanya salah paham karena adanya perbedaan bahasa di antara mereka. Ditambah lagi mereka berdua diadu-domba oleh para Tuan Tanah di Jepang, akhirnya Zatoichi dan Fang Kang pun harus berduel, menuntaskan perselisihan di antara mereka.

Meski akhir film ini menampilkan Zatoichi menang dalam pertarungan, tetapi ada gosip yang mengatakan kalau film ini sebenarnya dibuat dalam 2 versi : Versi yang dirilis di Jepang menampilkan Zatoichi yang menang. Sedangkan versi lainnya dirilis di Hong Kong, menampilkan Fang Kang yang menang. Meski demikian, hingga hari ini gosip tersebut tidak pernah ada klarifikasi.

2 comments: