Saturday 19 May 2018

Cripped Avengers (1978)


Para pendekar di film-film wuxia biasanya digambarkan sebagai sosok yang gagah, dengan kemampuan bela diri yang sangat luar biasa. Nah, bagaimana jika sosok pendekar tersebut adalah orang cacat, dengan keterbatasan kemampuan?

Sosok dengan keterbatasan gerak dan kemampuan ini dulu sempat sangat populer setelah Jepang merilis film The Tale of Zatoichi (1962). Film yang mengetengahkan Pendekar Buta Zatoichi ini menjadi sangat terkenal dan mengangkat nama aktor Shintaro Katsu sampai dikenal seluruh dunia.

Pada tahun 1978, Shaw Brothers pernah merilis film bertema sama. Bedanya dengan Zatoichi, pendekar dengan kekurangan bagian tubuh (cacat fisik) tidak ditampilkan hanya buta saja, tetapi ada juga yang tanpa tangan, tanpa kaki, bahkan mengalami gangguan jiwa. Film produksi Shaw Brothers tersebut adalah Cripped Avengers (殘缺 - Can Que).

Disutradarai Chang Cheh, film ini selain diperani oleh Cheng Kuan Tai, juga diperani oleh beberapa personal Five Venoms (untuk mengetahui lebih detil tentang sosok Five Venoms, Anda bisa membacanya dengan meng-klik link berikut ini), sehingga film ini sering juga disebut "The Return of Five Deadly Venoms" (meski film ini sendiri tidak ada hubungannya dengan film "Five Deadly Venoms").

Film ini mengisahkan tentang Tao Tien Tu (Chen Kuan Tai) - Pemimpin Perguruan Beladiri Jurus Cakar Harimau - yang baru pulang dari perjalanan jauh dan menemukan keluarganya dibantai oleh orang tidak dikenal. Istrinya tewas, dan anak semata wayangnya - Tao Sheng - dalam kondisi sekarat dengan kedua tangannya terpotong.

Tao Tien Tu kemudian menyelamatkan anaknya dan menggantikan tangan anaknya dengan tangan besi. Sang anak pun dilatih ilmu bela diri tingkat tinggi.

Dua puluh tahun kemudian, Tao Tien Tu masih memendam amarah dan dendam pada orang yang telah menghabisi keluarganya. Di lain pihak, Tao Sheng (Lu Feng) yang telah memiliki ilmu sangat tinggi menjadi sangat sombong dan senang menganiaya orang-orang di kota.

Saat berada di kota, dia bertemu dengan seorang pandai besi Wei Da Di (Lo Mang) yang tidak mau tinduk pada Tao Sheng. Akibatnya dia dipaksa meminum cairan air keras yang membuat tenggorokannya terbakar dan dia menjadi bisu. Ketika Da Di masih melawan, gendang telinganya dihancurkan sehingga dia pun menjadi tuli.

Lalu Tao Sheng berpapasan dengan seorang pengelana bernama Chen Sun (Kuo Chui). Karena masalah kecil, Tao Sheng tersinggung, lalu membutakan mata Chen Sun. Dan saat Tao Sheng tanpa sengaja tersandung oleh kaki Hua A Kui (Sun Chien) yang sedang duduk di pinggir jalan, Tao Sheng langsung memotong kaki A Kui.

Yuan Yi (Chiang Sheng), seorang pendekar digjaya, trenyuh melihat 3 orang penduduk kota yang dianiaya Tao Sheng, lalu menantang Tao Sheng bertarung. Dalam pertarungan itu, Tao Sheng berhasil mengalahkan Yuan Yi, Agar Yuan Yi tidak mencari gara-gara dengannya lagi, Tao Sheng merusak otak Yuan Yi dan membuatnya menjadi orang idiot.

Keempat orang tersebut akhirnya mencari bantuan pada Guru Yuan Yi yang tinggal di sebuah biara. Di sana, mereka dilatih ilmu bela diri khusus untuk orang cacat. Dengan kemampuan yang mereka miliki, keempat orang tersebut akhirnya menjadi pendekar yang melakukan balas dendam atas apa yang telat diperbuat Tao Sheng pada mereka.

Film ini ingin menggambarkan bahwa orang cacat bukanlah orang lemah. Meski mereka punya kekurangan, tetapi Tuhan memberikan kelebihan yang luar biasa di hal lain, yang membuat mereka berbeda, bahkan jauh lebih kuat daripada orang normal.

Selain itu, moral lain yang ingin digambarkan film ini adalah meski kita punya kemampuan lebih dari orang lain, hendaklah kita tetap menjadi orang yang rendah hati. Jangan arogan dan sombong, serta menganggap orang lain lebih rendah daripada kita.



DO YOU KNOW? 
Episode Blood Oath dari serial televisi Star Trek : Deep Space Nice (1994) memiliki alur cerita yang sama persis dengan film Cripped Avengers, sehingga banyak penonton yakin kalau penulis skenario Blood Oath menjiplak alur cerita dari Cripped Avengers.

Film Cripped Avengers merupakan salah satu film wuxia Hong Kong yang paling sering dijadikan referensi dalam berbagai film produksi Amerika Serikat. Dalam serial televisi Everybody Hates Chris di episode Everybody Hates Drew (2006), karakter Drew (diperani Tequan Richmond) dalam beberapa kesempatan menyebut judul film ini. Sedangkan dalam film layar lebar Rewind This! (2013), cover video film ini terlihat jelas dalam salah satu adegan. Sedangkan dalam serial animasi Futurama, episode The Series Had Landed (1999), alur cerita Cripped Avengers diparodikan dalam episode tersebut.





No comments:

Post a Comment