Tuesday 29 May 2018

Full Moon Scimitar (圓月彎刀; 1979)



Bagi penggemar film wuxia tentu pernah mendengar - bahkan melihat dan "memainkan" - Golok / Pedang Bulan Sabit. Yep... Golok / Pedang Bulan Sabit adalah salah satu jenis pedang yang sangat populer di era 1970 - 1980an. Golok ini sangat populer karena bentuknya yang unik, yaitu melengkung. Selain itu, golok tersebut ternyata berlapis dua. Jadi apabila diampar, maka golok tersebut akan menjadi golok lengkung dua sisi (mirip lengkungan lambang Tao - Ying Yang).

Sakin populernya Golok Bulan Sabit, di masa itu bahkan dijual dalam bentuk mainan yang terbuat dari plastik.

Mungkin tidak banyak yang tahu - atau mungkin juga lupa - kalau kepopuleran Golok Bulan Sabit di masa lalu tidak saja karena bentuknya yang unik, tetapi karena kepopuleran filmnya yang super-keren.

Pada tahun 1978, Shaw Brothers merilis film berjudul Full Moon Scimitar ( 圓月彎刀 - Yuen Ye Wan Dao) yang disutradarai Chu Yuen. Kisah film ini merupakan adaptasi dari novel populer berjudul sama karya Novelis Ku Lung. Film ini diperani oleh Derek Yee, Liza Wang, Wang Jung, Meg Lam, Wang Lung Wei, dan Ku Kuan Chung.

Sama seperti novelnya, film ini mengisahkan tentang Pendekar Pedang Ding Peng (Derek Yee), seorang pendekar muda yang sedang meraih gelar Pendekar Tersohor dengan menantang para pendekar terbaik di Tiongkok untuk bertarung. Dalam 3 pertarungan pertamanya, Ding Peng selalu meraih kemenangan, dan hal itu membuatnya menjadi sedikit sombong dan lengah.

Sesaat sebelum berhadapan dengan Pendekar Liu Yok Siong (Wang Jung), Ding Peng terperdaya oleh seorang wanita cantik - yang kemudian diketahui merupakan istri Pendekar Liu yang ditugaskan untuk menjebak Ding Peng - sehingga Kitab Pedang Komet miliknya dicuri oleh Pendekar Liu. Pendekar Liu kemudian mengubah nama Kitab Pedang Komet milik Ding Peng dan mengaku kitab itu sebagai kitab pusaka perguruannya. Akibatnya, Ding Peng dituduh mencuri kitab milik perguruan Pendekar Liu, dan dia dipermalukan oleh para pendekar yang hadir dalam duelDing Peng dan Pendekar Liu.

Malu dengan kondisi itu, Ding Peng mencoba bunuh diri. Tetapi dia justru terdampar di Tanah Orang Mati dan berjumpa dengan Siluman Rubah / Qing Qing (Liza Wang). Berkat dorongan semangat Qing Qing, Ding Peng tidak jadi bunuh diri. Ding Peng jatuh hati dengan sikap Qing Qing, sehingga meminangnya. Meski orang tua Qing Qing tidak setuju - karena tidak mungkin manusia menjalin hubungan dengan mahluk dari Dunia Kematian - namun karena keduanya sudah saling mencinta, akhirnya orang tua Qing Qing pun merestui pernikahan mereka.

Pasca menikah, Qing Qing memberikan pusaka keluarganya pada Ding Peng, yaitu Golok Bulan Sabit (Yuen Ye Dao). Dengan menguasai jurus Golok Bulan Sabit, Ding Peng dipastikan akan menjadi pendekar digjaya jika dia kembali ke dunia orang hidup. Setelah menguasai ilmu Golok Bulan Sabit, Ding Peng pun mengajak Qing Qing untuk bersamanya tinggal di dunia orang hidup.Awalnya rencana Ding Peng sempat dihalang-halangi orang tua Qing Qing. Tapi melihat kesungguhan hari Ding Peng, mereka pun merestui Ding Peng dan Qing Qing tinggal di dunia orang hidup.

Saat kembali, Ding Peng menantang Pendekar Liu untuk berduel kembali. Kali ini dengan senjata dan jurus baru, Ding Peng berhasil mengalahkan Pendekar Liu.

Nama Ding Peng sontak melejit mejadi Pendekar Terbaik di dunia Kang Aow. Hal ini mendorong banyak orang yang kemudian mencoba mengadu ilmu dengannya. Salah satunya adalah Pendekar Cia Siao Hong (Wang Lung Wei), yang merupakan Pendekar Pedang Terhebat di Kang Aow. Pertarungan hidup-mati pun terjadi di antara mereka. Siapakah yang akan menang : Golok atau Pedang?

Dibandingkan dengan film Death Duel (三少爺的劍  - San Sau Ye De Dao) yang dirilis tahun 1977 dan juga disutradarai Chu Yuen dan diperani Derek Yee, film Full Moon Scimitar bisa dikatakan jauh lebih seru dari sisi eksyen. Terlebih gaya pertarungannya terbilang sedikit berbeda karena menampilkan pertarungan dengan pedang dari jarak yang cukup dekat (mengingat panjang Golong Bulan Sabit cukup pendek), film Full Moon Scimitar cukup menghibur.

Meski merupakan salah satu film populer dari Shaw Brothers, para penggemar film wuxia mungkin akan kesulitan menemukan film Full Moon Scimitar dalam bentuk DVD, VCD, maupun BlueRay dikarenakan perilisannya yang sangat terbatas. Kalau memesan via internet mungkin bisa. Atau bisa juga mencari film ini saat sedang main di Malaysia, Hong Kong, atau Tiongkok saat Liburan Lebaran nanti.


No comments:

Post a Comment