Wednesday 22 August 2018

Demi Gods and Semi Devils (天龍八部; 1982)



Tian Long Ba Bu atau Demi-Gods and Semi Devils adalah salah satu novel karya Jing Yung (Louis Jia) yang sangat terkenal di tahun 1960an. Dirilis pertama kali sebagai cerita bersambung di harian Ming Pao, Hong Kong (3 September 1966 - 27 Mei 1966), kisah Tian Long Ba Bu kemudian menjadi sangat populer dan disukai. Tidak saja pembaca Hong Kong, bahkan pembaca dari Singapura, Malaysia, dan Taiwan pun menyukai kisah tersebut.

Pasca kesuksesan novel Tian Long Ba Bu, banyak pihak yang kemudian mengadaptasi kisahnya menjadi serial televisi dan layar lebar. Tercatat hingga hari ini sudah ada 3 layar lebar dan 5 serial televisi yang mengadaptasi kisah Tian Long Ba Bu. Dan kali ini saya akan mengulas tentang Tian Long Ba Bu / Demi-Gods and Semi Devils yang dirilis TVB pada tahun 1982 yang merupakan adaptasi pertama novel Jing Yung dalam bentuk serial televisi.

Serial Demi-Gods and Semi Devils tahun 1982 merupakan serial yang sangat populer di masanya. Selain karena diperani para aktor dan aktris populer Hong Kong waktu itu (Kent Tong, Liang Jia Ren, Felix Wong Je Hua, Idy Chan Yuk Lin, dan Patrick She Shien), serial ini juga merupakan serial pertama yang berhasil secara utuh dan baik mengadaptasi novel Jing Yung tersebut menjadi sebuah tontonan ringan yang mudah dipahami banyak orang. Sebagai catatan, Demi-Gods and Semi Devils merupakan salah satu novel karya Jing Yung yang paling rumit untuk dipahami karena mengandung banyak filosofi ajaran Buddha yang sangat dalam. Selain itu, kisahnya sendiri terbagi ke dalam 5 bagian yang saling berhubungan, sehingga tidak mudah untuk bisa memahami keseluruhan ceritanya.

Serial ini dibuat dengan total 50 episode dan terbagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama berjudul 天龍八部之六脈神劍  (Tien Long Ba bu Ze Liu Mai Shen Jian - 6 Detak Pedang) yang terdiri dari 30 episode. Sedangkan bagian keduanya berjudul 天龍八部之虛竹傳奇 (Tien Long Ba Bu ze Xu Zhu Chuan Qi - Legenda Xu Zhu) yang terdiri dari 20 episode.
Video Demi-Gods and Semi Devils yang dirilis di Indonesia

Di Indonesia, serial Demi-Gods and Semi Devils dirilis pada tahun 1983 dalam bentuk kaset video. Uniknya, serial Demi-Gods and Semi Devils yang dirilis tersebut disulih-bahasakan Inggris dan semua karakter dalam serial itu menggunakan nama orang bule, yang sangat berbeda dengan nama karakter asli novel Tian Long Ba Bu. Misalnya karakter utama kisah ini adalah Duan Yi diberi nama Dwynn Dawn. Duan Ching Sun (ayah Duan Yi) bernama Joseph Dawn. Dou Bak Fung (Ibu Duan Yi) disebut Phoebe Dawn. Chun Hung Min (kekasih gelap Duan Ching Sun) disebut Cotton Chin. Dan Muk Yuen Ching (anak Chun Hung Min dan adik tiri Duan Yi) disebut Ivonne Wood.

Nah... bingung kan?

Terlepas dari nama karakter yang membingungkan, serial ini mengisahkan tentang persahabatan 3 orang yang berbeda latar belakang : Pangeran Kerajaan Dali / Tayli Duan Yi (Kent Tong), Pemimpin Sekte Pengemis / Kaypang Qiao Feng (Liang Jia Ren), dan Biarawan Sekte Shaolin Xu Zhu / Hui Juk (Felix Wong).

Alkisah di Kerajaan Tayli di masa Dinasti Song, Pangeran Duan Yi tiba-tiba menghilang dari istana. Rupanya Sang Pangeran - yang kala itu dipersiapkan sebagai Pewaris Kerajaan Tayli - tidak suka dengan hiruk-pikuk dunia kang-aow serta ilmu beladiri. Karena dia mendalami ajaran Buddha, maka dia memilih untuk hidup damai dan tenang. Duan Yi suka mempelajari buku sejarah, karya sastra, dan sajak kuno, sehingga akhirnya memutuskan untuk meninggalkan istana untuk mendalami hal-hal yang disukainya.

Dalam perjalanannya, Duan Yi tidak sengaja terlibat dalam perseteruan Partai Obat Sakti yang sedang bertarung memperebutkan gelar Raja Racun Paling Sakti. Lantaran ikut campur dalam pertarungan tersebut, Duan Yi dipaksa meminum Racun 7 Hari. Dia harus menemukan penawar racun itu atau tewas. Dalam perjalanan mencari penawar racun, Duan Yi terjadi di sebuah jurang dan menemukan sebuah goa misterius yang menyimpan Kitab Silat Langkah Lembut Dewi Cantik dan sebuah Patung Wanita Cantik.

Lewat Jurus Langkah Lembut Dewi Cantik, Duan Yi berhasil menguasai Racun yang diminumnya. Bahkan racun itu membuatnya kebal dari berbagai jenis racun.

Kelak, Duan Yi berhasil menemukan kalau patung wanita cantik di dalam gua itu tidak lain adalah Wang Yu Yang (Idy Chan). Sayang, cintanya bertepuk sebelah tangan karena Wang Yu Yang justru jatuh hati pada Fa Mu Rung, yang tidak lain adalah sepupunya sendiri.

Sementara itu, Qiao Feng (Liang Jia Ren) adalah Pemimpin Sekte Kaypang yang sangat disegani. Namun seseorang menjebaknya dan membuatnya dituduh sebagai pelaku pembunuhan atas seorang pendekar ternama di dunia persilatan. Atas tuduhan itu, Qiao Feng kemudian diusir dari dunia persilatan. Dalam pengembaraannya mencari pelaku pembunuhan tersebut, dia berkenalan dengan Duan Yi.

Qiao Feng pun menemukan petunjuk kalau pelaku pembunuhan tersebut tidak lain adalah Duan Ching Sun (Patrick Tse), ayah Duan Yi. Namun saat dia menyelidiki lebih dalam, Qiao Feng menemukan kalau dirinya justru adalah anak kandung dari Duan Ching Sun, yang merupakan hasil hubungan Duan Ching Sun dengan wanita lain. Dengan demikian Qiao Feng adalah adik tiri dari Duan Yi.

Hui Juk (Felix Wong) adalah seorang Biarawan Shaolin yang sangat taat beragama. Namun karena belajar ilmu di luar Shaolin, Hui Juk kemudian diusir dari Shaolin. Dalam pengembaraannya, Hui Juk menemukan fakta bahwa dia adalah anak hasil hubungan gelap Ketua Biara Shaolin Xuan Chi (Ho Pik Kin) dan Ye Er Niang (Liang Oi), salah satu anggota Kelompok "4 Iblis".

Demi-Gods and Semi Devils merupakan salah satu karya klasik Tiongkok dengan kualitas yang sangat baik. Alurnya tidak mudah untuk dipahami namun memiliki kedalaman makna yang luar biasa. Dalam beberapa kesempatan, novel karya Jing Yun yang ini sering digunakan sebagai referensi dan bahan diskusi pelajar dan mahasiswa jurusan Sastra dan Sejarah Tiongkok.


TAHUKAH ANDA? 
Di masa lalu, judul "Tien Long Ba Bu" sering menjadi bahan perdebatan para mahasiswa dan Ahli Sastra Tiongkok karena maknanya yang dianggap tidak jelas (secara harafiah, "Tien Long Ba Bu" berarti "Naga Langit Delapan Langkah"). Bahkan Ahli Sastra dari Barat mengartikan kata "Tien Long Ba Bu" menjadi "Delapan Kitab Naga Langit", meski hal itu kemudian menjadi bahan perdebatan karena tidak menjelaskan isi cerita novel itu sendiri (karena di dalam novel sama sekali tidak membahas adanya Delapan Kitab yang berhubungan dengan Naga Langit).

Menjawab perdebatan ini, Jing Yung menjelaskan bahwa "Tien Long Ba Bu" sebenarnya merupakan gambaran 8 Ras Dewa dan Iblis yang ada di Ajaran Buddha. Dalam ajaran tersebut, disebutkan bahwa Dewa dan Iblis merupakan mahluk yang berbeda dengan manusia. Meski demikian mereka tetap terikat dengan hukum dunia (Samsara) karena mereka memiliki hasrat, seperti halnya manusia.

Sebenarnya jauh sebelum menulis novel Tien Long Ba Bu, Jin Yung pernah memetakan masing-masing Dewa dan Iblis, serta pengaplikasiannya pada masing-masing karakter dalam novel tersebut. Namun saat proses penulisan berlangsung, Jin Yung kesulitan untuk memasukkan masing-masing karakter itu dikarenakan alur ceritanya yang sudah terlalu rumit. Karena itu, keseluruhan 8 Ras Dewa dan Iblis akhirnya diwakili oleh Sekte Shaolin, Sekte Kaypang, Kerajaan Daili, Kerajaan Xia Timur, dan 4 Iblis.

Seperti yang sudah saya sebutkan di awal, hingga hari ini Demi-Gods and Semi Devils sudah diadaptasi menjadi 3 film layar lebar dan 5 serial televisi.

Versi layar lebar pertama kali diadaptasi pada tahun 1977 oleh Shaw Brothers dan dirilis dengan judul The Battle Wizard (disutradarai Pao Shue Li; dengan pemeran Danny Lee, Tanny Tien, dan Lam Jan Kei). Karena durasi yang sangat pendek, maka ceritanya hanya berpusat pada petualangan Duan Yi saja.

Pada tahun 1982, nyaris berbarengan dengan perilisan serial televisinya, dirilis juga film layar lebar berjudul Demi-Gods and Semi Devils. Uniknya, hampir semua pemeran di serial televisi juga bermain di film layar lebarnya. Film tersebut disutradarai Siu Sang, dan diperani Norman Chiu / Shi Shao Chiang (sebagai Qiao Feng), Kent Tong (sebagai Duan Yi), Felix Wong (sebagai Hui Juk) dan Idy Chan (sebagai Huang Yu Yin).

Dan pada tahun 1994, film layar lebar adaptasi Demi-Gods and Semi Devils kembali dirilis dengan judul The Dragon Chronicles - The Maidens. Film yang disutradarai Andy Chin ini menampilkan pemeran Brigitte Lin Ching Shia, Gong Li, dan Sharla Cheung / Chang Min. Meski ceritanya tentang Hui Juk, namun alurnya justru lebih banyak mengetengahkan kisah 3 orang wanita yang dekat dengan kehidupan Hui Juk.

Sedangkan versi serial televisinya masing-masing diproduksi oleh Hong Kong (TVB; 2 kali), Taiwan (CTV; 1 kali), dan China (Ciwen TV, 1 kali; Zhejiang Huace Film, 1 kali).  Adaptasi teranyar Tien Long Ba Bu adalah adaptasi yang dibuat Zhejiang Huace Film (The Demi-Gods and Semi-Devils) yang dirilis tahun 2013 silam. Versi ini diperani Wallace Chung (Qiao Feng), Kim Ki Bum (Duan Yi), dan Han Dong (Hui Juk), dengan total 54 episode.

Felix Wong menjadi satu-satunya aktor Hong Kong yang paling banyak berperan di film dan serial televisi adaptasi Demi-Gods and Semi Devils (1 film layar lebar, dan 2 serial televisi). Untuk versi serial televisi, pada adaptasi pertama, Felix Wong memerani karakter Hui Juk. Sementara pada adaptasi kedua, dia berperan sebagai Qiao Feng. 

Selain diadaptasi dalam film dan serial televisi, Tien Long Ba Bu juga sudah diadaptasi ke dalam video game. Tercatat ada 3 video games Tien Long Ba Bu, yaitu :
- Demi Gods and Semi Devils (2002) : single player RPG game.
- Dragon Oath (2007) : MMORPG
- Tien Long Ba Bu - Sheng Bing Hai Yu (天龙八部:神兵海域; 2012) : MMORPG. Untuk game ini, Hu Ge dan Cecilia Liu ditunjuk untuk mempromosikan permainan ini.

2 comments: