Thursday 21 September 2017

Heroes Two (方世玉與洪熙官)

Salah satu daya tarik yang dapat menarik minat penonton untuk menonton sebuah film adalah ketika film itu diperani aktor yang sedang digandrungi saat ini, atau ceritanya tentang tokoh atau karakter yang disukai penonton.

Nah, film Heroes Two memiliki 2 unsur tersebut. Wajar jika film ini kemudian menjadi salah satu film yang sukses di masanya.

Heroes Two adalah film produksi Shaw Brothers yang dirilis tahun 1974. Pemeran utama film ini adalah Chen Kuan Tai dan Alexander Fu Sheng, di mana kedua aktor Hong Kong ini adalah aktor laga papan atas yang sangat terkenal di masa itu. Sebelumnya, kedua aktor ini sudah sangat terkenal. Nyaris semua film yang mereka perani adalah film-film box-office. Wajar jika saat mereka berdua dipertemukan dalam satu film, film tersebut meraih kesuksesan yang berlipat.

Ditambah lagi, Heroes Two disutradarai oleh Sutradara Kawakan Chang Cheh, yang selalu membuat karya-karya box-office. Makin sempurnalah film ini sebagai film box-office.

Heroes Two bersetting masa Kerajaan Dinasti Qing, di mana saat itu Kaisar membumi-hanguskan Shaolin. Untuk menyelamatkan dirinya, para biarawan pun melarikan diri dan bersembunyi di hutan serta menyaru sebagai rakyat jelata di kota.

Dalam kondisi itu, muncullah Fang She Yi (Fu Sheng) - seorang murid Shaolin yang memiliki ilmu beladiri tinggi - yang membela para pendeta Shaolin. Tindakannya mengundang perhatian Jendral Che Kang (Zhu Mu) yang ingin memenjarakan Fang She Yi. Tetapi untuk mengkonfrontir Fang She Yi tentu tidak mungkin, karena dia akan kalah. Karena itu Jendral Che Kang menggunakan taktik adu-domba.

Jendral Che Kang menyebarkan gosip kalau Fang She Yi adalah dalang di balik pembakaran Biara Shaolin tersebut. Sementara itu, dia pun menjebak Hung Si Guan (Chen Kuan Tai), salah seorang murid Shaolin yang lain, dan menuduh Hung Xi Guan sebagai seorang penjahat.

Fang She Yi yang sangat naif - serta memiliki semangat untuk membela keadilan dan kebenaran - berusaha menangkap Hung Si Guan. Sebaliknya, Hung Si Guan berusaha menangkap Fang She Yi karena dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab atas kehancuran Biara Shaolin.

Keduanya pun akhirnya terlibat pertarungan hebat.

Untungnya, Fang She Yi dan Hung Si Guan akhirnya sadar kalau mereka diadu-domba oleh Jendral Che Kang. Karena itu, mereka pun berbalik arah, dan bekerja sama untuk menundukkan Jendral Che Kang dan para pengikutnya.

Film berdurasi 93 menit terbilang cukup seru karena banyak menampilkan adegan perkelahian dengan durasi yang cukup panjang. Meski demikian, karena gaya perkelahiannya yang atraktif, penonton tidak merasa bosan dan dapat menikmati film ini dengan menyenangkan.

Banyak kritikus film yang menilai film ini adalah sebuah film wuxia klasik yang berhasil menggabungkan unsur fiksi dan sejarah dengan sangat baik. Dan pujian tersebut khususnya dilayangkan pada koreografi perkelahian yang menarik dan tidak membosankan.

No comments:

Post a Comment