Tuesday 19 September 2017

Five Deadly Venoms (五毒)




Pada tahun 1978, Shaw Brothers merilis sebuah film yang menjadi legenda di antara penggemar film-film wuxia Hong Kong. Film tersebut adalah Five Deadly Venoms atau disingkat Five Venoms (五毒 - Wu Du - 5 Racun). Film arahan sutradara Chang Cheh ini diperani oleh 6 aktor wuxia masa itu : Kuo Chui, Lu Feng, Sun Chien, Lo Mang, Wei Pai, dan Chiang Sheng. Berkat film ini, keenam aktor ini menjadi sangat terkenal di dunia perfilman Hong Kong akhir dekade 1970an - akhir 1980an.

Keunikan film ini adalah menampilkan gaya bertarung kung-fu yang mengadopsi gerakan menyerang 5 hewan paling buas : Lipas, Ular, Kalajengking, Kadal Raksasa, dan Kodok Beracun. Teknik perkelahian jenis ini terbilang baru saat itu. Wajar jika kemudian menjadi tren-setter dan diikuti banyak film wuxia berikutnya.

Dikisahkan Pemimpin Klan Racun (Ti Wei) sedang sekarat. Dalam kondisi demikian, dia meminta bantuan murid terakhirnya, Yang Tieh (Chiang Sheng), untuk menemukan 5 orang kakak seperguruannya. Kelima murid pertama Klan Racun tersebut adalah murid yang mendapatkan pelatihan intensif dari Sang Guru. Masing-masing murid menerima ajaran 1 jenis jurus Racun Maut. Karena kelima murid tersebut dilatih di waktu yang berbeda, maka masing-masing dari mereka tidak saling kenal.

Sang Guru menguatirkan murid-muridnya tersebut menggunakan jurus yang diajarkannya untuk melakukan kejahatan. Karena itu, dia meminta Yang Tieh mencari kelima kakak seperguruanya. Apabila dia menemukan ada kakak seperguruannya yang melakukan kejahatan, maka Yang Tieh harus menggunakan segala cara untuk menghukum dan membunuh kakak seperguruannya tersebut. Masalahnya Yang Tieh tidak tahu siapa nama kelima kakak seperguruannya, dan di mana mereka berada sekarang. Sang Guru pun tidak ingat nama kelima muridnya tersebut, hanya nama panggilan mereka berdasarkan jurus yang diajarinya : Kalajengking, Kadal Raksasa, Kodok Beracun, Ulang, dan Lipas.

Berbekal informasi yang sangat minim, Yang Tieh pun pergi ke kota mencari kelima kakak seperguruannya. Dengan menyamar sebagai pengemis, Yang Tieh pun akhirnya berhasil menemukan kelima kakak seperguruannya. Dan benar saja dugaan sang guru. Ternyata di antara kelima murid tersebut, ada murid yang memang berniat jahat dan berusaha membunuh semua saudara seperguruannya, serta menguasai harta milik perguruan mereka.

Untuk mencegah niat buruk kakak seperguruannya, Yang Tieh kemudian bekerja sama dengan kakak seperguruannya yang lain untuk menghadapi musuh bersama mereka tersebut. Pertarungan mati-matian pun tidak terelakkan. Meski kemampuan Yang Tieh tidak sehebat kakak seperguruannya, tetapi begitu jurusnya digabung dengan salah satu Jurus Racun yang dimiliki kakak seperguruannya, maka Yang Tieh akan mampu melumpuhkan musuhnya.



TENTANG "VENOM MOB"
Pada tahun 1978, pasca kepopuleran film Five Deadly Venoms, muncullah sebuah grup aktor Hong Kong yang dikenal dengan sebutan Venom Mob. Anggota grup ini sendiri adalah para pemeran utama film Five Deadly Venoms itu sendiri yang terdiri dari 6 orang : Kuo Chui, Lu Feng, Chiang Sheng, Sun Chien, Lo Mang, dan Wei Pai.

Meski para penonton baru mengenal dan mendaulat keenam orang itu sebagai kelompok Venom Mob pasca kesuksesan film Five Deadly Venoms, sebenarnya mereka sendiri sudah saling kenal dan bersahabat sejak awal tahun 1970. Mereka adalah lulusan Peking Opera School yang berlokasi di Taiwan. Saat melihat kemampuan akting dan bela diri mereka, Sutradara Chang Cheh kemudian mengajak keenam orang tersebut untuk bermain film di Hong Kong.

Meski tidak memiliki kemampuan akting sebelumnya, tetapi lewat arahan Chang Cheh, mereka pun akhrinya mampu bermain dengan sangat baik di film Five Deadly Venoms. Dan film itulah yang kemudian membuat nama keenam aktor itu sukses luar biasa. Sepanjang tahun 1978 - 1985, keenam anggota Venom Mob sangat sibuk dengan jadwal shooting film. Lebih dari 50 film yang mereka perani sepanjang waktu itu, dan semuanya sukses luar biasa.

Meski selalu bermain film bersama-sama, namun tidak semua film diperani oleh semua personil Venom Mob. Paling 2 - 3 orang saja yang tampil dalam 1 film, dan mereka selalu tampil bergantian. Beberapa film sukses yang mereka perani waktu itu adalah : trilogi Brave Archer (1978), Cripped Avengers (1978), Shaolin Rescuers (1979), Two Champions of Shaolin (1980), Kid with the Golden Arms (1979), Ode to Gallantry (1982), dan lain-lain.




No comments:

Post a Comment