Tuesday 20 November 2018

King Boxer (天下第一拳; 1972)

Banyak orang salah kaprah dan berpikir kalau Bruce Lee adalah aktor Hong Kong pertama yang menembus Hollywood dan mempopulerkan film kungfu pada masyarakat dunia. Padahal justru Lo Lieh-lah aktor Hong Kong pertama yang melakukan semua hal itu. Dan inilah film pertama Hong Kong yang berhasil menembus Hollywood dan pernah membuat Amerika "tergila-gila" dengan film kungfu di era 1970 - akhir 1980an.

Film King Boxer merupakan film produksi Shaw Brothers yang dirilis tahun 1972, dengan sutradara Jeong Chang Hwa (鄭昌和 / 정창화). Dia adalah adalah sutradara Korea Selatan yang banyak melakukan kolaborasi dengan sineas Hong Kong di era 1960 - 1970an. Film King Boxer inilah yang membuat namanya menjadi terkenal secara internasional dan membuatnya mendapatkan kesempatan yang makin besar untuk bekerja sama dengan sineas dunia.

Pemeran utama film ini adalah Lo Lieh. Meski sebelumnya sudah sering bermain film, namun film King Boxer merupakan film pertama di mana Lo Lieh mendapat kesempatan sebagai pemeran utama. Film ini pulalah yang membuat nama Lo Lieh terkenal sebagai aktor Hong Kong Pertama yang berhasil "go international".

Film ini mengisahkan temtang seorang siswa kungfu bernama Chi Hao (Lo Lieh) yang jatuh hati pada Yin Yin (Wang Ping), anak gadis dari gurunya. Ketika sang guru terluka pasca bertarung dengan para begundal, Chi Hao disuruh berguru dengan Shen Chin Pei (Fang Mian) - saudara seperguruan guru Chi Hao - guna mempersiapkan diri menghadapi tunamen kungfu yang akan berlangsung dalam waktu dekat.

Baru belajar beberapa waktu dengan guru barunya, Chi Hao menunjukkan peningkatan kemampuan bela diri yang sangat pesat. Hal ini mengundang rasa kagum Chin Pei, sehingga dia mewariskan jurus andalan mautnya pada Chi Hao, yaitu Jurus Pukulan Besi.

Hal ini menimbulkan rasa iri pada murid-murid Chin Pei, terutama Han Lung, yang merupakan salah satu murid senior Chin Pei. Dia kemudian bersekutu dengan para begundal untuk mencelakai Chi Hao. Mereka berhasil menjebak Chi Hao dan mematahkan tangannya. Dalam kondisi terluka parah, Chi Hao ditolong oleh murid-murid Chin Pei yang bersimpati padanya. Tidak butuh waktu lama, Chi Hao pun pulih dan berhasil mengikuti turnamen kungfu.

Selain memenangi turnamen, Chi Hao akhirnya berhasil membalaskan dendamnya pada orang-orang yang dulu mencelakainya dan membuat tangannya patah.

Film ini dirilis di Hong Kong tanggal 28 April 1972 dengan judul King Boxer. Sedangkan saat dirilis di Amerika Serikat (Maret 1973), film ini berganti judul menjadi "Five Fingers of Death".

Saat dirilis, film ini mendapatkan respon yang biasa-biasa saja dari para kritikus film. Meski demikian, animo penonton justru menunjukkan hal yang sangat positif. Film ini tidak saja sukses di Amerika Serikat, tetapi juga di Kanada dan Eropa. Film ini bahkan meraup keuntungan lebih banyak saat dirilis dalam bentuk video-rental dengan meraup keuntungan US$ 4 juta. Penghasilan ini menjadi penghasilan terbesar sepanjang sejarah di masa itu, karena belum pernah ada film di luar Hollywood yang dilirik penonton sebelumnya. Rekor ini baru dipecahkan film Enter The Dragon (1973) - diperani oleh Bruce Lee - beberapa bulan kemudian, dengan meraup keuntungan US$ 4.25 juta.

Film King Boxer ini pulalah yang menjadi inspirasi pihak Warner Bross untuk kemudian membuat serial televisi bertemakan bela-diri kungfu berjudul Kung Fu (1972 - 1975). Serial televisi yang diperani David Carradine ini menjadi serial televisi Hollywood pertama yang mengangkat budaya bela diri Hong Kong dan menjadi serial paling sukses di masa itu.

Pasca perilisan film King Boxer di Amerika Serikat, masyarakat Amerika menjadi tergila-gila dengan film Kungfu sehingga banyak film Hong Kong yang diimpor dan diedarkan di Hollywood waktu itu. 


No comments:

Post a Comment