Friday 5 October 2018

Wuxia Legend - FU SHENG (傅聲 )


Nama Fu Sheng tentu bukan nama asing bagi para penggemar film wuxia di era 1970an. Dia adalah mega-super star Hong Kong yang sangat populer di era tersebut. Fu Sheng (atau dikenal juga dengan nama Alexander Fu Sheng) adalah aktor Hong Kong papan atas di masa itu yang banyak bermain di film bergenre wuxia produksi Shaw Brothers. Banyak film yang diperaninya adalah film-film box-office. Selain itu, Fu Sheng sering dipertemukan dengan banyak aktor Hong Kong papan atas dalam sebuah film, sehingga namanya menjadi sangat cepat terkenal.

Lahir di Hong Kong pada tanggal 20 Oktober 1954 dengan nama Cheung Fu Sheng (張富聲), dia adalah anak dari keluarga kaya-raya di Hong Kong. Semasa kecilnya, Fu Sheng tinggal di Hawaii bersama keluarganya. Sejak usia 5 tahun, dia sudah diajari judo dan karate.

Pada tahun 1971, Fu Sheng kembali ke Hong Kong dan mengambil sekolah Drama di Shaw Brothers. Kemampuan aktingnya menarik perhatian Sutradara Chang Cheh yang kemudian meminta Liu Chia Liang / Lau Kar Leung (劉家良) - koreografer bela diri kawakan Hong Kong -  membekali Fu Sheng dengan kemampuan beladiri.

Setelah berlatih selama 6 bulan, Fu Sheng kemudian diajak bermain film The 14 Amazons (十四女英豪 - Shi Si Nu Ying Hao; 1972). Di film yang diperani aktris kawakan Ivy Ling Po tersebut, Fu Sheng menjadi figuran. Selanjutnya, Fu Sheng mendapat kesempatan untuk mendalami kemampuan aktingnya dengan banyak terlibat dalam berbagai film wuxia dan eksyen sebagai figuran. Barulah pada tahun 1973, Chang Cheh mempercayakannya untuk menjadi pemeran utama di film eksyen modern Police Force (1973).

Pasca bermain di film eksyen modern, Fu Sheng mulai banyak dipercaya menjadi pemeran utama di film-film wuxia produksi Shaw Brothers lainnya. Beberapa di antaranya adalah Na Cha The Great (1974), Men from The Monastery (1974), Shaolin Martial Arts (1974), 5 Shaolin Masters (1975), Shaolin Temple (1976), dan trilogi legendaris The Brave Archer (1977 - 1979). Di film terakhir, Fu Sheng berperan sebagai Guo Jing / Kwee Ceng, dan film itu mengangkat namanya menjadi aktor mega-super star papan atas, tidak saja di Hong Kong tetapi juga di seluruh kawasan Asia Tenggara.

Sebelum Jackie Chan dikenal sering melakukan sendiri banyak adegan berbahaya, Fu Sheng juga dikenal sebagai aktor yang sering melakukan berbagai aksi berbahaya sendiri. Akibat aksinya itu, dia harus beberapa kali mengalami cedera. Saat proses shooting film The Deadly Breaking Sword (風流斷劍小小刀 - Feng Liu Duan Jian Xiao Xiao Dao, 1976), tali yang menggantung Fu Sheng saat beradegan meloncat, terputus. Akibatnya Fu Sheng terjadi dari ketinggian lebih dari 10 meter dan mendarat dengan kepala terlebih dahulu mendarat ke tanah. Akibatnya dia harus dirawat cukup lama di rumah sakit.

Saat melakukan shooting film Heroes Shed No Tears ( 英雄無淚 - Ying Xing Wu Lei, 1979), tulang kaki kanan Fu Sheng remuk setelah dia terjatuh. Akibatnya dia pun harus beristirahat beberapa bulan sebelum mampu melanjutkan proses shooting kembali.

Meski merupakan seorang mega-super star, karir Fu Sheng tidaklah panjang. Fu Sheng tutup usia pada tanggal 7 Juli 1983 (di usia 28 tahun) dalam sebuah kecelakaan lalu-lintas. Saat meninggal, Fu Sheng sedang dalam proses shooting film Eight Diagram Pole Fighter (五郎八卦棍 - Wu Lang Ba Gua Gun, 1983). Karena kematian Fu Sheng tersebut, maka naskah cerita film tersebut mengalami perubahan di bagian akhir, sehingga di akhir film karakter yang diperani Fu Sheng tidak muncul, dan digantikan oleh aktor Gordon Liu. Meski terkesan absurb dan aneh, namun film ini meraih nominasi Beat Action Choreography di ajang Hong Kong Film Awards (1985).

Semasa hidupnya, Fu Sheng bermain di lebih dari 40 judul film. Mayoritas adalah film wuxia. Selain itu Fu Sheng juga bermain di film drama, komedi, dan eksyen modern.

Fu Sheng & Chen Ni (Jenny Tseng)
Pada tahun 1976, Fu Sheng menikah dengan aktris dan penyanyi asal Macao Jenny Tseng (甄妮 - Chen Ni). Jenny Tseng sendiri waktu itu adalah penyanyi populer di era 1970an. Hingga hari ini pun Jenny Tseng masih merupakan salah satu penyanyi populer Hong Kong yang telah merilis 130 album dengan total penjualan album lebih dari 10 juta kopi di seluruh dunia. Dari pernikahan mereka, Fu Sheng dan Jenny Tseng memiliki seorang anak perempuan bernama Melody Tseng.





No comments:

Post a Comment