Tuesday 21 March 2017

Mengenal Lebih dalam Jurus Pedang Du Gu Jiu Cien (獨孤九劍 )


Bagi Penggemar novel wuxia karya Jing Yong, tentu tidak asing dengan Jurus Du Gu Jiu Cien. Jurus ini merupakan jurus pedang yang diciptakan oleh Du Gu Qiu Bai, Pendekar Pedang paling Sakti di dunia persilatan. Du Gu Qiu Bai merupakan satu-satunya pendekar yang telah mencapai tingkat tertinggi dalam penguasaan ilmu pedang. Dia dijuluki (Cien Kuei – Iblis Pedang) karena kemampuannya mengolah Jurus Pedang. Du Gu Qiu Bai juga merupakan Pendekar yang menciptakan filosofi “Pendekar Pedang Tanpa Pedang” di mana dia berhasil menciptakan teknik pertarungan pedang tingkat tinggi tanpa harus menggunakan pedang secara fisik.

Meski disebut sebagai Pendekar Terhebat di Dunia Persilatan, namun karakter ini sama sekali tidak pernah muncul di semua novel karya Jing Yong. Hanya saja tokoh ini pernah disebut dalam 3 novel Jing Yong :  鹿鼎 (Luk Ting Ci / Duke of Mount Deer / Pangeran Menjangan), Return of Condor Heroes (Sen Diao Xia Lu), dan The Smiling Proud Wanderer (Xiao Ao Jiang Hu).

Dalam cerita Luk Ting Ci, sosok Du Gu Qiu Bai hanya disebutkan sebagai Pendekar yang menguasai ilmu pedang tingkat tinggi.

Sementara dalam kisah Return of Condor Heroes, dikisahkan YO KO dibawa oleh Rajawali Raksasa ke kuburan Du Gu Qiu Bai dan menemukan Pedang Baja Hitam milik Du Gu Qiu Bai. Dan lewat arahan Rajawali Raksasa, YO KO berhasil menguasai ilmu 9 Pedang Du gu. Meski YO KO berlatih ilmu Du Gu Jiu Cien, tapi jurus tersebut tidak diulas secara detil dalam cerita tersebut.

Baru di kisah Xiao Ao Jiang Hu, Jurus 9 Pedang Du Gu baru dibahas dengan detil.

Du Gu Jiu Cien merupakan Jurus Pedang Tingkat Tinggi yang luar biasa. Meski merupakan jurus Pedang, tapi Jurus Du Gu Jiu Cien dapat diterapkan juga dengan menggunakan senjata lain seperti tombak, tongkat, cambuk, dan panah. Bahkan untuk orang yang telah berlatih hingga tingkat tertinggi, Jurus Du Gu Jiu Cien pun dapat digunakan dengan tangan kosong. Itulah mengapa orang-orang yang menguasai Jurus Tertinggi Du Gu Jiu Cien disebut sebagai “Pendekar Pedang Tanpa Pedang”. 

Jurus Du Gu Jiu Cien memiliki 2 Elemen : Elemen Kecepatan, dan Elemen Jurus Tanpa Bentuk.

Jika biasanya jurus-jurus dalam cerita silat selalu dikisahkan sebagai jurus yang dikeluarkan secara berurutan (misalnya, setelah jurus pertama, lalu jurus kedua, dan seterusnya), maka Du Gu Jiu Cien berbeda dari jurus-jurus pada umumnya. Jurus-jurus Du Gu Jiu Cien tidak pernah berurutan. Hal ini dilakukan agar para musuh tidak pernah bisa memprediksi gerakan selanjutnya yang akan dilakukan oleh sang pendekar.

Du Gu Jiu Cien merupakan jurus pedang tingkat tinggi yang tidak mudah dipelajari karena gerakannya yang tidak berurutan dan pola serangannya selalu berubah-ubah,  tergantung dari jenis senjata dan jurus yang digunakan lawan. Selain itu, Du Jiu Cien memiliki ribuan gerakan kombinasi yang kompleks, sehingga tidak mudah untuk diingat.  

No comments:

Post a Comment